Mari Tertawa !!

Halo semuanya ! Apakabar? Gimana kabarnya? Kangen ma saya? Sudah pasti enggak (hahaha) Rada pusing mau ngepost apa, berhubung kemaren RABU ada pelajaran Bahasa Sunda, ah sekali lagi deh, kemaren itu ada pelajaran BAHASA SUNDA yang sangat kocak, jayus, membingunkan, jeung sajabana.

Nama guru bahasa sunda gue itu, Pak Rosyidin, sekaligus pengarang buku CANDRABASA yang merupakan buku pokok bahasa sunda kita (halah)(jadi kalo anak Bekasi yang buku basa sundanya judunya candra basa, pengarangnya itu guru yang akan gue ceritain ini) dan entah mengapa, kemaren kuping gue itu agak sedikit aneh alias rada budek gitu, inget yah rada. (kayaknya postingan ini akan penuh dengan percakapan)

Bel masuk istirahat (keren loh pake lagu bangun pemudi pemuda *apa kerennya?*)
Pak Rosyidin masuk lalu mengucapkan salam : Asssaaaalaaamuuuaalaaikuum
Anak-anak 9.1 : Waaaalaikummmsaaaalaaaaammmm
Pak Rosyidin : Warahmatullaahiiii
Anak-anak 9.1 : Waaabaaraakatuh
Pak Rosyidin : *muter-muter di kelas kayak orang kehilangan sesuatu*

Tiba-tiba pak rosyidin teriak
Pak Rosyidin : HIIIIIIYYYYIIIII KAMU LAGI DATENG BULAN?
Anak 9.1 yang beruntung : enggak kok pak
Pak Rosyidin : KOK ADA PEMBALUT DI BAWAH MEJA KAMU?
Anak 9.1 yang beruntung : enggak-enggak pak.

Jangan kaget dulu kawan, emang bukan pembalut wanita gitu, tapi itu cuman sehelai tisu yang sudah tercobak-cabik, wakakakak.

Berhubung buku bahasa sunda jilid 6 belom muncul maka, kita berlatih menulis aksara sunda.

Pak Rosyidin : Mari anak-anak kita buka halaman 18.
Anak 9.1 : (dengan malas membuka buku aksara masing-masing)
Pak Rosyidin : Nomer ka tilu, simeut bahasa idonesianya apa, ada yang tau?
Gue : *dengan semangat 45* SEMUT PAK
Anak 9.1 : *pada nulis dibuku aksara masing-masing*
Pak Rosyidin : SAYANG SEKALI SIMEUT ITU bukan SEMUT yang bener itu
Nurul : BELALANG PAK
Pak Rosyidin : Iyaiya, simeut itu belalang
Gue : *terkena ocehan dan ketawaan anak sekelas*

Pak Rosyidin : Ada yang tau bahasa sundanya kalajengking?
Salah satu dari anak 9.1 : SCORPIO PAK
Semua anak 9.1 : WAKAKAKAKAK, BEGO LO !!
Pak Rosyidin : sssuuuuddaaaaahhhh ~~ yang bener itu bahasa sundanya kalajengking itu KALA
Gue : PAK, KOK KAYAK NAMA TEMENNYA SBY YAK?
Pk Rosyidin : ITU MAH MCK, MUHAMMAD enCUP KALLA *maksa banget nih guru*
Anak 9.1 : WAKAKAKAKAKAKAK *semua ketawa ngakak*
Pak Rosyidin : Ini SMP atau STM?
Anak 9.1 : Anak SMP DoNK PAK
Pak Rosyidin : anak smp kok kelakuannya kayak anak STM?
Anak 9.1 : *masang muka cengok, heran, pusing*
Pak Rosyidin : STM itu SEKOLAH KANAK-kanak tingkat MENENGAH *makin maksa*
Anak 9.1 : WAKAKAKAKAKAKAKA (makin ketawa kenceng)

Pak Rosyidin : Ayo kita buka halaman selanjutnya
Anak 9.1 : *masih ketawa walaupun lebih sedikit pelan*
Pak Rosyidin : Ayo ada yang tau basa sundanya tupai gak?
Anak 9.1 : *pada geleng-geleng*
Pak rosyidin : Tupai itu bajing
Gue dengan kuping rada bemasalah : APA PAK? BAJINGAN? ASTAGFIRULLAH
Pak Rosyidin : sini bapak eja, B-A, BA, J-I, JI, N-G, NG, BAJING *ya allah sampe dieja gitu, dikata gue anak teka?*
Gue : OH Bajing tanpa an, pak?
Pak Rosyidin : Iya, BAJING tanpa AN

beralih ke soal yang ada gambar anjing kecilnya
Pak Rosyidin : APA BASA SUNDANYA ANJING KECIL? yang jelas bukan doggy loh
Anak 9.1 : *ketawa sambil mesem-mesem*
Pak Rosyidin : Itu loh kalo kalian lagi naek angkot, kan kalian suka ngomong BANG KIRI, BANG KIRI *sambil memeragakan lagi nyetop angkot*
Anak 9.1 : *ketawa sambil mikir, apa hubungannya naek angkot sama anak anjing? apakah itu hubungan mutualisme atau bukan, atau malah hubungan simbiosisme? Yang tahu itu hanya TUHAN, ANAK ANJING dan ANGKOT*
Temen gue ada yang nyeplos : OH BERARTI ANAK ANJING ITU basa sundanya BANGKIRI, Pak?
Anak 9.1 : *serempak ketawa ngakak sambil ngomong, Polos amat dah lo*
Pak Rosyidin : ssssuuuuddddddaaaaaahhhh~~ jangan berkelamin
Salah satu anak 9.1 : Jadi apa donk pak?
Pak Rosyidin : Anak Anjing itu KIRIK *makin jayus aja nih guru*

Pak Rosyidin : Kelelawar hayo basa sundanya apa?
Nurul : CODOT PAK.
Pak Rosyidin : Benar, selain codot apa coba?
Nurul : LALAY PAK
Pak Rosyidin : Wah pintar
DICKa : APA PAK? LAYLAY? JABLAY GITU PAK BASA SUNDANYA?
Anak 9.1 : WAKAKAKAKAKAKAK *pada ketawa ngakak lagi*
Pak Rosyidin : l-a-l-a-y, lalay. *dengan gaya lagi ngajarin anak tk baca tulis*
Anak 9.1 : WAKAKAKAKAK *sumpah gue sampe nangis kebanyakan ketawa*

Pak Rosyidin : Basa Sundanya Kura-kura apaaaa?
Nurul : KUYA PAK
Gue : APA PAK? UYA KUYA? ARTIS DONK PAK? *bukti keanehan kuping gue*
Aulia : KUYA DHAN, BUKAN UYA KUYA
Gue : Kuya nya sekali aja pak? Gak kuya-kuya?
Pak Rosyidin : Kalo kuya-kuya, kura-kuranya ada dua donk.
Anak 9.1 : WAKAKAKAK*Lagi-lagi mentertawakan gue*

Pak Rosyidin : Ada yang tahu basa sundanya BUAYA?
Nurul : BUHAYA Pak.
Gue : *berhubung kuping gue bermasalah kuping gue bermasalah jadi BUHAYA itu terdengarnya jadi BUHAYAH* BUHAYAH PAK? Pake H?
Pak Rosyidin : (malah jawab yang aneh) BUHAYA punya suami namanya PAKHAYA, BUHAYA punya anak namanya NAKHAYA, BUHAYA punya kakek namanya KEKHAYA, BEGITU TERUS SAMPE TUJUH TURUNAN
Anak 9.1 : WAKAKAKAKAK (ketawa terkencing-kencing)
Gue : maksud saya, basa sundanya buaya itu b-u-h-a-y-a-h? pake H gitu pak?
Pak Rosyidin : Basa sundanya buaya itu B-U-H-A-Y-A
Gue : Oh jadi Buhaya? gak pake H?
Anak 9.1 : WAKAKAKAKAKAKAKAK (ketawanya makin menjadi-jadi)

Pak Rosyidin : sssssuuuuuddddaaaaahhh ~~ mari kita beralih ke nama-nama pahlawan, coba kalian tulis nama yang kalian kenal.
Aulia : Ini Kartini, yang cewe satu lagi siapa yah aduh gue lupa, siapa sih cha? *mencoba nanya ke temen sebangku, berhubung gue di depannya gue ikut noleh ke belakang deh*
Gue : Emang lo gak tau yang mana au?
Aulia : Ini dhan, gue lupa namanya, oh iya DEWI LESTARI
Gue : WAKAKAKAKAKAK, DEWI SARTIKA KALEEE YANG BENER
Pak Rosyidin : masa dewi lestari udah jadi pahlawan.
Irhyl : SEKALIAN AJA DEWI PERSIK AU.
Pak Rosyidin : Iyaiya, dewi persik sama saepul jamil, wakakakak.
Adnil : Ya Mampus Salah
Pak Rosyidin : Ada apa nil?
Adnil : Gapapa Pak.
Temen sebangku Adnil : MASA ADNIL NULIS DEWI SARTIKA JADI DEWI PERSIK
Anak 9.1 : WAKAKAKAKAKAK *lebih kenceng dari sebelomnya*
Pak Rosyidib : Adnil mah mikirinnya Dewi Persik mulu.
Adnil : Pakpak, liat halaman 22 deh, ada yang mirip SYEKH PUJI.
Pak Rosyidin : Itu kakeknya syekh puji.
Gue : Iya ini mah kakeknya syekh puji.
Nurul : Emang itu siapa pak?
Pak Rosyidin : Gatot Soebroto
Adnil : Syekh Puji masih satu turunan sama gatot soebroto pak?
Pak Rosyidin : Hanya Tuhan dan Orang Tua nya syekh puji yang tau
Anak 9.1 : wakakakakak

Menit-menit terakhir sebelum pulang anak 9.1 dapet tugas untuk nyalin nama hewan-hewn dan pahlawan itu ke dalam aksara sunda, waoooow.

Ternyata belajar basa sunda itu mengasyikan loh.

0 kesan dan pesan:

 
Copyright © zona e-Dhan